Pages

Jumat, 01 April 2011

TUGAS SATU TKJ B

 1)  A Pengertian BIOS

 BIOS, singkatan dari Basic Input Output System, dalam sistem komputer IBM PC atau kompatibelnya (komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86
      B.Pengertian BEEP
Bunyi BEEP. Suara yang dikeluarkan dari speaker, umumnya berfungsi untuk memberitahukan bila terjadi kesalahan, bunyi ini juga bisa dimunculkan dengan menggunakan kode ACSII7
      C. Pengertian BOOTING
Booting adalah langkah awal pengoperasian komputer . proses yang terjadi adalah masuknya arus listrik ke dalam komponen / peralatan komputer sehingga dapat berkomunikasi dengan user/pengguna.Macam-macam Proses Booting :
1. Cold Booting :Proses booting yg terjadi saat komputer dari keadaan mati.
2. Warm Booting : Proses booting yg terjadi saat komputer dalam keadaan menyala.
Ex: Saat Komputer melakukan restart
     D. Pengertian POST,PCI,& CMOS
-POST atau singkatannya Power On Self Test yang artinya pengecekkan komputer ketika dihidupkan. Tulisan itu biasanya bisa dilihat pada komputer yang motherboardnya versi dulu. Tetapi jika motherboardnya masih baru atau yang zaman sekarang, tulisan itu jarang ditampilkan karena terhalang oleh logo motherboard yang sedang dipakai.
-PCI

PCI (kepanjangan dari bahasa Inggris: Peripheral Component Interconnect) adalah bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. Standar bus PCI ini dikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest Group yang dibentuk oleh Intel Corporation dan beberapa perusahaan lainnya, pada tahun 1992. Tujuan dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang sebelumnya digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya.
-CMOS  
adalah suatu memory yang khusus yang berisi data vital mengenai konfigurasi komputer dan bersifat semi-permanen.CMOS memerlukan daya yang sangat kecil untuk mempertahankan kontennya, dan chip ini memanfaatkan baterai sebagai sumber daya listriknya. Ketika perubahan diperlukan ke dalam konfigurasi sistem komputer (misalnya ada penambahan hardisk, penambahan RAM dan lain sebagainya), maka CMOS dapat diubah dengan menjalankan suatu program utility khusus yang tersedia melalui sistem operasi.

2) Langkah langkah POST 


*. Tes CPU: interupsi ditutup, pengetesan flag internal, dan pengetesan register internal
*. Test checksum ROM BIOS: pengetesan checksum ROM BIOS. Hasil checksum LSB harus nol.
*. Tes Timer 1: Timer 1 8253 diprogram pada operasi mode 2, pengecekan pada akses dasar pencacah, pengecekan pada pencacah.
*. Tes DMAC: pengetesan pada semua saluran register alamat dan register pencacah DMA, inisialisasi saluran 0 DMA, inisialisasi timer 1, memulai siklus memori refresh.
*. Tes 16 KB DRAM: pengetesan pada 5 pattern yang berbeda AAH, 55H, FFH, 01H, 00H tulis dan baca kembali.
*. Inisialisasi Interrupt controller: control word dikirim untuk inisialisasi mode interrupsi, pengesetan vector interupsi di memori.
*. Tes Interrupt controller: seting dan pengesetan ulang register interupsi, menempat-kan stack-stack kesalahan interupsi.
*. Inisialisasi Timer 0: timer 0 diinisialisasi pada operasi mode 3, cek timer 0.
*. Tes CRT controller: inisialisasi CRT controller, test RAM video, cek sebagian parity error, setup mode video melalui pembacaan konfigura-si, pengujian pewaktuan dan signal sinkronisasi gambar.
*. Tes DRAM di atas 16KB: pengetesan pada 5 pattern yang berbeda AAH, 55H, FFH, 01H, 00H tulis dan baca kembali, jika ada kesalahan akan ditampil-kan alamat kesalahan dan data di layar.
*. Tes Keyboard: cek keyboard dengan kondisi keyboard reset, cek penekanan kunci pada keyboard.
*. Tes Disk drive: cek semua card adapter disket dan disk drive yang terpasang, POST memanggil sistem operasi dari disk.

3).Apkah PC yang sudah lolos sdah pasti baik????
    Sudah,pc yang sudah lolos sudah pasti baik

4) Prosedur test aktivasi program aplikasi dan sistem operasi


+ PROGRAM APLIKASI
· Pengecekkan program aplikasi dengan menjalankan program dan
  menutup program.
· Pengecekkan fungsi-fungsi menu program aplikasi.
· Pengecekkan besarnya file-file program aplikasi, yaitu dibandingkan
  dengan master, terutama file-file eksekusi (file yang berekstensi EXE
  dan COM) dan file hasil program aplikasi misal dokumen dari Ms
  Word.
· Pengecekkan terhadap kecepatan mengakses program aplikasi dan
  data.
  Kedua test di atas akan memberikan response sebagai
  pesan/peringatan kesalahan, hal ini akan membantu user untuk
  mengenal dan mengidentifikasi masalah yang ada.

+ SISTEM OPERASI

Sistem operasi yang digunakan dalam test ini adalah windows 98, prosedur yang dilaksanakan adalah sebagai berikut :

· Menghidupkan PC.
· PC melakukan POST pada saat booting dan harus dapat dilewati.· PC mulai mencari sistem operasi di media penyimpan dengan urutan prioritas berdasarkan setting BIOS, misal CDROM, HDD lalu Diskdrive.
  · PC menjalankan Sistem Operasi yang didahullui dengan menjalankan file-file sistem yaitu MS Dos.sys, IO.sys, Himem.sys dan command com.
· Jika proses d) berhasil maka selanjutnya dijalankan config.sys dan autoexec.bat.
· Pengecekkan konfigurasi sistem windows yaitu file sistem.ini dan win.ini dan dijalankan.
· Pengecekkan adanya file stratup dan dijalankan.
· Pengecekkkan kondisi hardware melalui device manager.
· Pengecekkan kondisi Start Up menu dan fungsi-fungsi dasar sistem operasi yaitu mengkopi file, memindah file, mengganti nama file, membuat folder/direktori dan lain-lain.
· Pengecekkan prosedur shutdown.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar